Minggu, 08 Januari 2012

klasifikasi penyakit

ada dua jenis penyakit, yaitu penyakit hati dan penyakit jasmani. dan penyakit yang bersemayam di hati ada dua macam pula; yaitu
penyakit syubhat yang disertai keraguan dan penyakit syahwat yang disertai kesesatan. alQur'an menyebutkan kedua penyakit tersebut di dalam surat albaqarah ayat 10. '' dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah menambahkan penyakit mereka''.Allah juga berfirman :

supaya orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir mengatakan: apakah yang dikehendaki Allah dengan bilangan ini sebagai perumpamaan''.
Allah juga berfirman berkaitan dengan orang yang tidak mau menjadikan alQur'an dan Sunnah sebagai dasar mereka dalam mengambil sebuah keputusan.''dan ketika diseru kepada Allah dan Rasul-Nya, yaitu agar Rasul menegakan hukum  di antara mereka, tiba-tiba sebagaian dari mereka menolak untuk datang. Namun, apabila keputusan itu menguntungkan, mereka akan datang kepada Rasul dengan patuh. Apakah didalam hati mereka ada penyakit, ataukah mereka ragu, ataukah mereka khawatir bahwa Allah dan Rasul-Nya akan berlaku Zhalim terhadap mereka? sebaliknya, merekalah orang-orang yang dzalim ( an-nur : 48-50 )



kutipan dari tiibun nabawi , ibnu qoyim al-jauziyah.hal 21-22

Tidak ada komentar:

Posting Komentar